JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN
Nama: Abdul Rokhim, S.Pd.
Sekolah: SD Negeri Pulogading 02, Kabupaten Brebes
Angkatan: 10
Tanggal: 24 Agustus 2024
Assalamualaikum wr.wb.
Hai, Saya Abdul Rokhim, S.Pd., CGP Angkatan 10 Tahun 2024 dari SD Negeri Pulogading 02 Kabupaten Brebes. Pada kesempatan ini saya akan memaparkan jurnal refleksi dwi mingguan untuk berbagi pengalaman yang saya peroleh selama mengikuti kegiatan modul 3.2 "Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya." Refleksi ini saya susun menggunakan model 4P: Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan. Mari kita simak bersama:
1. Peristiwa
Pada tanggal 12 Agustus 2024, saya memulai pelatihan mandiri materi eksplorasi konsep di LMS. Materi yang saya pelajari sangat berkaitan dengan aset/modal yang dimiliki sekolah, sehingga saya merasa sangat senang dan semangat dalam memahami konsep tersebut.
Selanjutnya, pada 13 Agustus 2024, kami membagi kelompok untuk diskusi di Ruang Kolaborasi melalui Google Meet. Saya tergabung dalam kelompok 2 bersama dengan Dirlam, Ikhwan Adi Yanto, dan Wanto Handriyono. Diskusi daring ini berlangsung pada tanggal 14 Agustus 2024, yang dibahas dalam diskusi ini adalah mengenai aset/modal sumber daya yang dimiliki oleh sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan yang berpihak pada murid.
Di keesokan harinya pada tanggal 15 Agustus 2024, kami melanjutkan diskusi dengan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelompok lain. Saya merasa gembira karena dapat mempresentasikan materi dengan lancar dan baik, meskipun masih dalam keadaan lelah setelah mengikuti kegiatan Pramuka Jambore Ranting. Setelah presentasi, saya juga mengunggah hasil presentasi tersebut ke dalam LMS sebagai pemenuhan tugas ruang kolaborasi.
Kemudian, pada tanggal 22 Agustus 2024, saya bersama rekan-rekan CGP lain belajar dalam ruang elaborasi yang dipandu oleh instruktur nasional bernama Pak Angga dari SD Negeri Lembang Bandung. Perasaan saya sangat senang karena beliau mampu menjelaskan materi dengan sangat baik kepada kami para CGP.
Pada tanggal 23 Agustus 2024, saya mengerjakan Tugas Demonstrasi Kontekstual modul 3.2 tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Tugas tersebut saya buat menggunakan Canva dan kemudian saya unggah di LMS.
Tugas Koneksi Antar Materi juga tidak lupa saya kerjakan dengan penuh tanggungjawab pada 24 Agustus 2024 pada modul 3.2 yang mengaitkan materi ini dengan materi-materi sebelumnya, seperti Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional (Ki Hajar Dewantara), Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak, Visi Guru Penggerak, Budaya Positif, Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid, Pembelajaran Sosial dan Emosional, Coaching untuk Supervisi Akademik, dan Pengambilan Keputusan berdasarkan nilai-nilai kebajikan seorang pemimpin. Dan di hari yang sama, saya juga melaksanakan kegiatan Lokakarya ke-4 di SMA Negeri 2 Brebes, di sana saya bertemu langsung dengan rekan-rekan CGP yang hebat serta Pengajar Praktik yang sangat bersemangat.
2. Perasaan
Selama mengikuti serangkaian kegitan pada modul 3.2 ini, perasaan saya sangat beragam. Ketika memulai pelatihan mandiri pada tanggal 12 Agustus, saya merasa sangat senang dan termotivasi karena materi yang dipelajari sesuai dengan kebutuhan sekolah saya. Semangat saya tetap tinggi meskipun menghadapi tantangan waktu yang padat.
Saat berdiskusi dan berkolaborasi dalam kelompok pada 14 dan 15 Agustus 2024, saya merasakan antusiasme yang tinggi. Walaupun saya merasa lelah karena bertepatan dengan kegiatan Pramuka, semangat untuk belajar dan berbagi pengetahuan dengan rekan-rekan CGP tetap panas membara. Presentasi hasil diskusi di hadapan kelompok lain juga menambah rasa percaya diri saya untuk menjadi Guru yang lebih baik.
Pada tanggal 22 Agustus 2024, CGP mengikuti sesi elaborasi bersama Pak Angga Instruktur Nasional, saya merasa sangat senang karena mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pengelolaan sumber daya. Kegiatan ini menambah keyakinan saya dalam mengimplementasikan materi yang telah dipelajari.
Pekerjaan tugas pada tanggal 23 dan 24 Agustus 2024 memberikan rasa kepuasan tersendiri, terutama ketika saya berhasil menyelesaikan tugas Demonstrasi Kontekstual dan Koneksi Antar Materi. Perasaan bahagia juga muncul ketika saya bisa bertemu langsung dengan rekan-rekan CGP di Lokakarya ke-4, yang semakin menguatkan persahabatan dan kekeluargaan diantara kami semua.
3. Pembelajaran
Dari rangkaian kegiatan yang telah saya ikuti, saya belajar banyak tentang pentingnya pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Materi yang diajarkan dalam modul 3.2 memberikan wawasan baru mengenai bagaimana memanfaatkan aset/modal sekolah secara efektif untuk mendukung pendidikan yang berpihak pada murid.
Diskusi dan kolaborasi dengan rekan-rekan CGP juga membuka pandangan baru tentang pentingnya kerja sama dalam mencapai tujuan pendidikan. Saya memahami bahwa setiap anggota tim memiliki peran penting dan bahwa umpan balik yang membangun dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan saya sebagai calon pemimpin di masa yang akan datang.
Kegiatan Lokakarya ke-4 dan elaborasi bersama instruktur nasional semakin memperdalam pemahaman saya tentang pengelolaan sumber daya dan penerapannya dalam konteks pendidikan. Ini memberikan saya inspirasi untuk menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam praktek sehari-hari di sekolah.
4. Penerapan
Ke depannya, saya berkomitmen untuk terus menerapkan pemahaman yang saya peroleh tentang pengelolaan sumber daya di sekolah. Saya akan berusaha memaksimalkan aset/modal yang dimiliki oleh sekolah untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif dan berpihak pada murid.
Saya juga akan menerapkan keterampilan kolaborasi yang telah saya pelajari selama diskusi kelompok dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Saya percaya bahwa kerja sama yang baik antar guru dan staf sekolah dapat menghasilkan lingkungan pendidikan yang lebih positif dan produktif.
Kemudian saya akan terus berusaha mengembangkan diri dalam hal coaching dan pengambilan keputusan berbasis nilai, yang sangat penting dalam mendukung rekan guru dan murid dalam mencapai potensi maksimal mereka.
Demikianlah jurnal refleksi ini saya buat dengan senang hati. Semoga dapat memberikan wawasan dan inspirasi bagi kita semua dalam perjalanan sebagai calon Guru Penggerak yang berkomitmen untuk memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr.wb.
.... Assalamualaikum wr.wb. Saya Abdul Rokhim, S.Pd. CGP angkatan 10 Tahun 2024 dari SD Negeri Pulogading 02 Kec. Bulakamba Kab. Brebes. Sebagai seorang calon Guru Penggerak (CGP), saya telah mengikuti serangkaian kegiatan pengembangan profesional yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan saya dalam mendidik dan membimbing murid. Berikut adalah refleksi saya mengenai berbagai kegiatan yang telah saya ikuti, disusun berdasarkan model 4F: Fact (Peristiwa), Feelings (Perasaan), Finding (Pembelajaran), dan Future (Penerapan). Fact (Peristiwa) Pada tanggal 3 Juni 2024, saya mengikuti post test Modul 1 yang membahas filosofi pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara, nilai-nilai dan peran Guru Penggerak, visi Guru Penggerak, dan budaya positif. Pelaksanaan post test tersebut merupakan tahap akhir di modul 1 untuk menilai dan mengukur ketercapaian saya selama mengikuti Program Pendidikan dalam Modul 1. Beberapa hari kemudian, pada 6 Juni 2024, saya menjalani pre test Modul ...
Comments
Post a Comment